Senin, 07 Juli 2014

Mana Yang Kau Pillih

Pernahkah aku berkata sebelumnya bahwa aku sangat menyukai novel? ya, aku tahu apa yang ingin kau tanyakan. novel romantis? Salah satunya ya, tapi aku suka semua jenis novel. Entah itu sejarah, romantis,
realigi, keluarga, Friendship, detective, misteri ataupun konspirasi. Aku selalu penasaran terutama pada novel yang banyak diperbincangkan orang. seberapapun aku tidak tertarik dengan genrenya, aku akan berusaha membacanya. Seperti novel sejarah, awalnya aku tidak pernah suka novel sejarah tapi ada seseorang yang menyukainya. dan aku penasaran apa yang dia suka, aku ingin merasakan dunianya, jadi terjebaklah aku disana.. Kamu tidak usah mengingatkanku kalau aku menyukainya.

Yang menarik dari sebuah novel adalah jalan pemikiran tokohnya, prinsip hidup, karakter dan cara dia menghadapi masalah. Ucapan mereka terkadang sedikit menohok. Kemarin aku baru menyelesaikan satu novel terjemahan, judulnya Wishing Her To Die. Ada satu ungkapan yang menarik disana:
"Mana yang akan kau pilih
Hidup seperti kembang api tetapi singkat
Atau kehidupan yang membosankan tetapi lama?"
Lalu mana yang akan aku pilih?

Sebenarnya diakhir novel itu setiap tokoh mengungkapkan pilihannya. Bagaimana denganku?

Aku akan membuat pilihan ketiga. Aku akan membuat hidup ini nyaman untukku. Karena bagiku, yang bertanggung jawab tentang hidupku adalah aku sendiri. Jika kemudian hidupku pada akhirnya seperti kembang api atau membosankan, maka itu adalah karena aku dan aku harus bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar